Sarasehan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) Bersama Tim Nakes Puskesmas Bangilan

  • Oct 27, 2023
  • Novita Rosanti

Tim Nakes Puskesmas Kecamatan Bangilan melaksanakan acara Sarasehan Program Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) bagi warga serta pemerintah Desa Sidodadi. Acara yang digelar pada hari Kamis, 26 Oktober 2023 dan bertempat di Balai Desa Sidodadi dihadiri oleh tiga puluhan tamu undangan, terdiri dari kepala desa, perangkat desa, tokoh masyarakat, dan yang utama adalah para ibu hamil di Desa Sidodadi.

 

Dalam pemaparannya, tim Nakes Puskesmas Bangilan menerangkan bahwa diadakannya acara ini adalah untuk sharing (berbagi) serta melakukan evaluasi terkait program Desa Siaga, khususnya dalam hal penanganan persiapan persalinan dan pencegahan komplikasi bagi ibu-ibu hamil serta bayi di desa Sidodadi.

 

Tim Nakes juga memberikan pemaparan terkait kesehatan kehamilan, mitos dan fakta tentang makanan yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, serta menjelaskan mengenai apa itu ibu hamil resiko tinggi dan apa-apa saja yang wajib diwaspadai dan diantipasi untuk meminimalkan resiko pada ibu dan bayi saat persalinan hingga saat nifas.

 

Selain itu, pihak pemerintah desa serta tim Nakes juga mendiskusikan kembali tentang penguatan kader Posyandu desa, termasuk dari segi regenerasi anggota kader, program kerja kader, serta evaluasi hasil kerja di lapangan terkait pendampingan terhadap ibu hamil dan pencegahan stunting pada balita di Desa Sidodadi.

 

Dalam kesempatan tersebut, pemerintah Desa Sidodadi juga menyatakan kesiapannya untuk terus berpartisipasi aktif dalam program pendampingan ibu hamil serta pencegahan stunting pada balita. Pemerintah siap untuk menggelontorkan anggaran untuk PMT (Pemberian Makanan Tambahan) bagi balita di Desa Sidodadi untuk mendukung perbaikan gizi bagi balita dan anak-anak di desa Sidodadi agar terwujud generasi yang lebih sehat dan bebas stunting.